Rabu, 15 Agustus 2012

Kalteng Tuan Rumah Lomba Penelitian Tingkat Asia Pasifik

BORNEONEWS-SUATU kehormatan ba­gi Kalimantan Tengah (Kal­teng) yang telah di­tunjuk sebagai tuan ru­mah lomba penelitian ting­kat SMP/SMA/SMK, se-Asia Pasifik. Apalagi lomba ber­geng­si tingkat internasional ini akan diikuti 11 negara. “Jadi untuk lomba peneliti­an­ APCYS ini diikuti 11 nega­ra­. Pelaksanaannya dimulai 3-7 September yang berlangsung di Hotel Swiss-Belhotel Da­num, Palangkaraya,” tutur Ke­pala Dinas Pendidikan Pro­vinsi Kalteng, Guntur Talajan ke­pada Borneonews.
Di mengatakan dari 11 ne­ga­ra­ itu jumlah peserta yang ba­kal ikut lomba dipastikan ada 132 orang.

Diantaranya dari Austra­lia­ 5 orang, Brunei 7 orang, China 6 orang, Guam 8 orang, Japan 4 orang, Korea 5 orang, Malaysia 21 orang, Ne­pal 7 orang, Singapore 7 orang, Thailand 14 orang, dan Indonesia 17 orang. Khususnya untuk Indone­sia­, lima diantaranya peser­ta­ dari Kalteng. Tujuan kegiatan lomba adalah untuk berbagi informasi tentang topik penelitian antarnega­ra­, menjelajahi peluang kerjasama penelitian antar­ negara, mencari bibit pene­li­ti yang unggul, menghidup­kan iklim penelitian di ka­langan siswa sekolah me­ne­ngah, dan mengenalkan Pro­vinsi Kalteng ke dunia internasional.

Sementara bidang yang di­lombakan meliputi compu­ter sciences 2 kategori, ma­thematics 3 kategori, environmental sciences 17 kategori, life sciences 7 kategori, dan physics 7 ka­tegori. Sedangkan jadwal kegiat­an­ akan dibuka pada 3 September sekaligus lomba itu berlangsung hingga 4 Sep­tember 2012.
Usai kegiatan, tepatnya pa­da 5 September, mereka­ di­jadwalkan untuk mengun­jungi tempat wisata di Kal­teng, seperti Museum Negeri Balanga, Arboretum­, Pertapaan Tjilik Riwut (Bukit Batu), Susur Sungai, dan Rumah Betang (Man­dau­ Wisata).

“Secara rinci program aca­ranya yakni pameran pos­ter, lomba presentasi pe­nelitian, diskusi panel guru, science quis, lectures oleh pa­kar matematika dan sains dari Yunani dan Singapura. Kemudian pertukaran budaya antaranegara.” Guntur yang juga pernah menjabat kepala Dinas Pen­di­dikan dan kepala Satpol PP Kota Palangkaraya ber­ha­rap dukungan dari ma­sya­rakat Kalteng agar ke­giat­an yang baru pertama ka­li ditunjuk sebagai tuan ru­mah berlangsung dengan aman dan lancar. (BY/B-7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar